Pages

Thursday, January 3, 2013

Pengenalan PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemprograman yang sangat cocok untuk membuat web yang dinamis dan bisa dimasukkan kedalam html.
Mungkin itu hanyalah jawaban simpel, tapi buat apa teori yang penting prakteknya.
he.. he..
Menurut saya untuk mempelajari suatu bahasa pemprograman apapun, yang pertama kali harus kita lakukan adalah bagaimana program kita bisa menampilkan suatu output sesimpel mungkin contoh 'Hello Web Design'!
Berikut adalah contoh simpel code program php :

<?php 
echo "Hello Web Design";
?>


Untuk dapat menjalankan program PHP maka komputer kita harus sudah terinstal web server contohnya seperti IIS, Apache, xitami dll, selain webserver kita juga membutuhkan compiler php! jika komputer anda belum terinstal webserver dan compiler php dan ingin mempelajari php maka anda dapat mendownload secara gratis di situs ini:

Untuk proses penginstalan dan konfigurasinya coba liat di readmenya. tapi kalau misal malas ngutak-atik konfigurasi n pingin ga ribet ya udah download aja xamp. cz kalau pakai software itu kita ga perlu lagi yang namanya ngutak-atik konfigurasinya (malah lebih komplet :D). selesai diinstall langsung bisa dipakai. ni alamat situsnya:
Bisa kan? Kalau bisa sekarang coba buat pakai notepad dengan nama hellowebdesign.php yg isinya seperti contoh diatas. kemudian simpan di Document root webserver kita setelah itu jalankan diweb browser kita dengan mengetik http://localhost/hellowebdesign.php lalu enter. Seharusnya diweb browser anda muncul tulisan "Hello Web Design" tanpa tanda kutip. Ok, Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment