Pages

Saturday, January 5, 2013

Teori singkat yg sering muncul dalam pemprograman web

Apache HTTP Server

Apache HTTP Server (Apache) adalah Software Web Server terkemuka yang memainkan peran kunci dalam pertumbuhan Web. Awal mulanya, Apache merupakan alternatif dari Netscape Communications Corporation web server (sekarang dikenal sebagai Oracle iPlanet Web Server).

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah bahasa buatan yang dirancang untuk mengekspresikan komputasi yang dapat dilakukan oleh mesin, khususnya komputer. Bahasa pemrograman merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam situasi-situasi tertentu.

Database

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query database disebut DBMS.

HTTP & HTTPS

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan hypermedia. Ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. HTTPS merupakan kombinasi HTTP dengan protokol SSL/TLS untuk menyediakan komunikasi terenkripsi pada jaringan web server.

Internet

Internet (interconnection-networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya teknologi internet ini menjadikan sebuah dimensi baru dalam bidang komunikasi karena kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tak terhingga

Internet Information Services

Internet Information Services (IIS) sebelumnya disebut Internet Information Server adalah software webserver yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan sebagai web server di lingkungan Windows.

Multi-tier Architecture

Multi-tier Architecture atau n-tier architecture adalah client server arsitektur, dimana tingkat presentasi, pengolah data dan management data secara logika merupakan proses-proses yang berbeda. Keunggulan multi-tier architecture, pengembang lebih leluasa dalam membuat aplikasi yang fleksibel dan dapat digunakan kembali, karena modifikasi hanya dilakukan pada bagian yang diinginkan, bukan keseluruhan.

PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa skrip Open-source yang sangat cocok untuk pengembang web dan dapat disisipkan kedalam HTML. Tujuan utama PHP adalah memungkinkan pengembang web membuat web secara dinamis dengan cepat.

MySQL Server

MySQL Server (MySQL) adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

URL

URL (Uniform Resource Locator), adalah alamat berkas diinternet yg digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti documen, gambar, video dll. Model penulisannya URL ini berupa rangkaian karakter berdasarkan format standar yg telah ditentukan.

Web Server

Web Server merupakan sebuah software yang diinstall pada komputer yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien dan mengirim kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan IIS.

World Wide Web

World Wide Web (yang dikenal sebagai WWW, Web atau W3) adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna.

Web Browser

Web Browser adalah software yang berfungsi untuk mendownload, menampilkan dan melakukan interaksi dengan Web Server. Web Browser yang sering digunakan para pengguna diantaranya adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Safari dan Opera.

No comments:

Post a Comment